Home » » Inilah 7 Peninggalan Aceh yang Mendunia

Inilah 7 Peninggalan Aceh yang Mendunia

Posted by SEJARAH ACEH on Monday, January 25, 2016

Setiap wilayah tentu saja mempunyai situs sejarah penting bagi wilayah itu sendiri. Maka demikian juga halnya terhadap Aceh. Aceh juga memiliki beberapa tempat peninggalan sejarah yang sangat dikenal didunia, bahkan bagi bangsa indonesia itu sendiri. Jika dilihat lebih mendalam, bahkan pun aceh dahulu juga mempunyai beberapa hubungan diplomatik khusus dengan negara lain. Sebut saja seperti, Portugis, China, Eropa, Arab, Turki, Belanda, Jepang dan lain sebagainya. Dibawah ini penulis hanya menyebut 7 dari sekelumit peninggalan aceh lainya. 

Masjid Raya Baiturrahman dikenal sebagai simbol rakyat aceh terkenal, sebagai fungsinya sebagai masjid, bangunan yang pernah dibangun pada masa kesultanan iskandar muda ini juga menjadi simbol perjuangan aceh dalam menegakkan syariat islam.

Masjid Raya Baiturrahman
Gunongan adalah saksi bisu kisah percintaan seorang raja terkenal aceh darussalam dahulu, anatara Raja Malikul Adil Iskandar Muda dengan seorang putri Pahang (sekarang Malaysia) atau putro phang, atau Putri Kamaliah yang dahulu dibawa oleh Raja ke Aceh.

Gunongan
Lonceng Cakra Donya adalah lonceng besar yang membuktikan bahwa aceh dahulu pernah mempunyai hubungan diplomatik dengan china, lonceng ini adalah hadiah dari seorang muslim Tiongkok, China yang bernama Laksana Cheng Ho untuk kerajaan Samudra Pasai. Dahulu Lonceng ini funsgsinya sebagai tanda  mulainya perang melawan penjajah. Lonceng ini terus di gunakan setelah generasi setelahnya, yaitu kerajaan Aceh Darussalam, yang dipimpin oleh Iskandar Muda.

Lonceng Cakra Donya
Kherkoff Peucut adalah tempat dimana hampir 2000 perwira belanda tewas saat melawan pejuang aceh saat perang dahulu, dalam komplek perkuburan yang dikenal sebagai perkuburan belanda terbesar di dunia di negri asing menunjukkan kepada kita bahwa dahulu pejuang aceh sangatlah gigih memperjuangkan negri, agama, dan adat negri saat dahulu kala.

Kuburan Masal Belanda Kherkoff Peucut
Benteng Indra Patra adalah sebuah situs peninggalan kerajaan hindu pertama di aceh. Dahulu, orang hindu menggunakan bangunan ini sebagai tempat peribadatan,namun saat kerajaan aceh terus meluas di segala plosok aceh bangunan ini pernah dijadikan sebagai tempat perlindungan perang melawan penjajah, laksamana malahayati adalah salah satu laksamana yang pernah menggunakan tempat ini sebagai tempat perlindungan. 

Benteng Indra Patra
Rumoh Aceh adalah sebuah bangunan rumah tua yang berisi segala peninggalan aceh masa dahulu, walaupun tidak semua situsmasa dahulu ada didalam rumah ini, namun secara history rumah ini memiliki nilai sejarah sendiri, yaitu sebagai rumah  tempat tinggal seorang pahlawan perempuan, Cut Nyak Dhien. 
Rumah Aceh
Pesawat Seulawah Agam. Siapa yang tidak kenal dengan pesawat ini, inilah pesawat bantuan rakyat aceh untuk kemerdekaan indonesia kala itu, masa dimana indonesia sedang dalam bersusah payah untuk menegakkan bendera kemerdakaan dan persatuan bangsa diseluruh plosok indonesia. Pesawat ini menjadi saksi bisu yang tak pernah terlupakan bagi rakyat aceh, bahwa aceh dahulu juga ikut membantu untuk menegakkan bendera merah putih di langit hijau nusantara.

Pesawat Seulawah
Inilah 7 Peninggalan Aceh Yang Di Kenal Dunia. Semoga Bermanfaat

Thanks for reading & sharing SEJARAH ACEH

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Loading...